Siapa yang tak kenal dengan pelantun When You Believe ini? Tentu tidak asing dong! Apalagi jika kamu adalah seorang pecinta musik kancah internasional yang berfokus pada selebritas hollywood. Ya, Mariah Carey adalah seorang Diva asal Amerika Serikat, ia lahir di Huntington, New York, Amerika Serikat pada 27 Maret 1970. Ayahnya, Alfred Roy Carey, adalah keturunan Afrika-Amerika dan Afro-Venezuela, sedangkan ibunya, Patricia (Hickey), adalah keturunan Irlandia. Menurut Mariah, kakek dan nenek dari pihak ibunya “berasal dari Irlandia”. Nama belakang “Carey” diadopsi oleh kakeknya yang berasal dari Venezuela, Francisco Núñez, setelah ia datang ke New York.

Mariah bersekolah di SMA Harborfields di Greenlawn, New York, Setelah lulus, Mariah pindah ke New York City, New York. Ia kemudian menjadi penyanyi latar untuk Brenda K. Starr, seorang penyanyi aliran Freestyle dari Puerto Rico.

Ia terkenal dengan jangkauan vokalnya yang mencapai lima oktaf, gaya melisma, dan penggunaan teknik whistle register (jangkauan suara manusia tertinggi di atas falsetto). Ia menjadi terkenal pada tahun 1990 setelah menandatangani kontrak dengan Columbia Records dan merilis album debutnya yang menduduki puncak Billboard 200 selama sebelas minggu berturut-turut. Tidak lama kemudian, Mariah menjadi satu-satunya penyanyi yang memiliki lima singel pertamanya mencapai nomor satu di Billboard Hot 100, dari “Vision of Love” hingga “Emotions”. Sepanjang karirnya, Mariah telah menjual lebih dari 200 juta rekaman di seluruh dunia sehingga menjadikannya sebagai salah satu artis musik terlaris sepanjang masa. Menurut Recording Industry Association of America (RIAA), ia adalah penyanyi wanita yang ketiga terlaris dengan penjualan lebih dari 64 juta album tersertifikasi di Amerika Serikat. Selain itu, ia terdaftar sebagai penulis lagu dan produser wanita dengan lagu-lagu nomor satu terbanyak dalam sejarah bagan A.S. Pada tahun 2012, ia menempati peringkat kedua dalam daftar VH1 dari 100 Wanita Terhebat dalam Musik. Selain dari pencapaian komersialnya, Mariah telah memenangkan lima Grammy Awards, sembilan belas World Music Awards, sepuluh American Music Awards, dan lima belas Billboard Music Awards. Ia secara konsisten dihargai oleh generasi penyanyi muda karena inspirasinya, dan ia dipuji sebagai salah satu pelopor musik R&B Kontemporer.

Sejak kecil, Mariah Carey terinispirasi dari musisi-musisi R&B dan Soul seperti Billie Holiday, Sarah Vaughan, Gladys Knight, Whitney Houston, Patti LaBelle dan Aretha Franklin. Musiknya juga cukup dipengaruhi oleh musik Gospel dan musisi-musisi Gospel favoritnya seperti The Clark Sisters, Shirley Caesar, dan Edwin Hawkins. Mariah mengakui bahwa ia juga tumbuh bersama musik Hip hop dan rapper-rapper favoritnya seperti The Sugarhill Gang, Eric B. & Rakim, the Wu-Tang Clan, The Notorious B.I.G. dan Mobb Deep.

Kualitas vokal dan musikalitasnya, bersamaan dengan popularitasnya, membuat Mariah Carey sering disejajarkan dengan diva-diva seperti Whitney Houston dan Celine Dion. Tetapi tidak seperti Whitney Houston dan Celine Dion, Mariah Carey menulis lagu-lagunya sejak awal kariernya hingga sekarang. Bahkan dari 18 singel nomor satu miliknya, hanya singel I’ll Be There yang tidak ditulisnya sendiri. Sebagian besar Mariah menulis lagunya tentang cinta. Ia juga banyak menulis lagu tentang rasisme, diskriminasi, pengasingan sosial, kematian, kelaparan global, kebebasan dalam hidup, semangat hidup, dan keagamaan. Mariah biasanya menggunakan instrumen-instrumen elektronik seperti mesin drum, keyboard, dan synthesizer. Ia juga sering memasukkan musik piano. Stevie Wonder adalah penyanyi dan pianis favoritnya.

Berikut adalah lagu – lagu terbaik dari Mariah Carey :

  • Hero
  • Through The Rain
  • When You Believe
  • All I Want For Christmas Is You
  • Bye Bye
  • We Belong Together
  • My All
  •